Mengenal 6 Tugas Frontend Developer Website  menjadi hal penting bagi bisnis di era serba-digital seperti sekarang. Kehadiran  website   b...

Mengenal 6 Tugas Frontend Developer

 Mengenal 6 Tugas Frontend Developer

tugas frontend developer

Website menjadi hal penting bagi bisnis di era serba-digital seperti sekarang. Kehadiran website bisa digunakan sebagai alat Digital Marketing bisnis untuk menjangkau pelanggan lebih luas. Alhasil, tugas frontend developer pun makin ramai dicari karena berurusan dengan pembuatan website.

Anda sebagai pemilik bisnis yang merambah ranah online, pasti akan sangat membutuhkan sosok frontend developer yang sama pentingnya dengan backend developer. Berikut penjelasan seputar pentingnya tugas frontend developer dalam pembuatan website bisnis Anda.

Pengertian Frontend Developer

Sebelum membahas mengenai tugas frontend developer, pastikan dahulu Anda memahami tentang seluk beluk mereka. Frontend developer adalah orang-orang yang mengembangkan website menggunakan kode HTML, CSS, dan JavaScript. Mereka mengembangkan website dengan tujuan utama untuk membuat tampilannya menjadi lebih menarik di mata pelanggan. Tak hanya itu, mereka juga mengolah desain murni menjadi website yang interaktif untuk pelanggan.

Baca juga: Mengenal Pengertian Programmer, Profesi Penting Saat Ini

6 Tugas Frontend Developer

Frontend developer bekerja sama dengan backend developer dan UI/UX designer untuk merancang sebuah website. Frontend akan mengolah seluruh desain yang diterima dan menyesuaikannya sesuai dengan fungsionalitas dan branding perusahaan/klien. Tugas-tugas mereka memang tak bisa diremehkan. Berikut enam tugas frontend developer dalam pembuatan website.

1. Memaksimalkan UX

Frontend developer akan mengembangkan desain dan fitur yang dapat mendukung performa User Experience (UX). Mereka memastikan website yang dibuat user friendly sehingga pelanggan dan pengguna lainnya bisa menggunakan website dengan baik, mudah, dan efisien.

2. Menentukan Struktur Halaman Website 

Frontend developer bertugas membuat struktur dan desain halaman website yang baik. Struktur ini sangat berguna dalam proses pengembangan website ke depannya. Penulisan kode biasanya menggunakan bahasa pemrograman HTML5 yang akan memudahkan baik developer lain maupun mesin yang menjalankan. 

3. Menyelaraskan Fungsionalitas dan Estetika

Website yang dirancang lewat frontend developer harus selaras antara fungsinya dan estetika. Salah satu tugas frontend developer harus bisa memastikan seluruh unsur tak hanya enak dipandang, namun juga berfungsi secara efisien. Segala desain ini juga akan memperhatikan kompatibilitas website. Website harus bisa dibuka dengan baik, entah lewat komputer maupun handphone. Tingkat responsive website saat dibuka di beberapa device juga perlu diperhatikan.

4. Optimasi Website

Frontend developer juga berperan besar dalam optimasi website. Mereka akan membuat konten yang akan memenangkan website sehingga bisa lebih mudah ditemukan mesin pencari. Konten-konten ini bisa berupa artikel dengan menggunakan teknik SEO. Namun, konten yang dibuat tak bisa sembarangan. Mereka harus memperhatikan branding yang dibuat perusahaan sehingga konten masih sesuai dengan pesan dari branding sang bisnis.

5. Bekerja Sama dengan Backend Developer

Baca juga: 5 Skill untuk Menjadi Backend Developer Andal

Meski memiliki tugas yang berbeda, frontend developer dan backend developer wajib bekerja sama. Dalam mengembangkan website, pasti akan muncul beberapa permasalahan seiring waktu. Masalah-masalah ini akan lebih cepat diselesaikan jika frontend bisa bekerja sama dengan backend untuk menemukan solusinya.

6. Membuat Halaman Website dengan Dukungan Framework

Ada beberapa framework yang dirilis, seperti HTML, CSS, atau JavaScript. Tugas frontend developer adalah membuat framework untuk memudahkan setiap developer. Proses coding pun akan lebih mudah dan tujuan rancangan awal bisa lebih cepat dicapai.

7 Skill yang Diperlukan Seorang Frontend Developer

Tugas frontend developer memang tidaklah mudah. Seperti yang dicantumkan di atas, seseorang yang bertanggung jawab di bagian frontend harus memiliki skill khusus untuk menjalankan pekerjaannya. Berikut tujuh skill yang diperlukan seorang frontend developer.

1. Bahasa Pemrograman HTML/CSS

Skill yang satu ini wajib dimiliki para frontend developer. HTML dan CSS merupakan bahasa pemrograman utama dan pendukung untuk membuat halaman website. Tak hanya sebagai fondasi, kedua bahasa ini juga bisa digunakan untuk memperindah website. Bahkan backend developer juga harus paham skill ini.

2. JavaScript

JavaScript menjadi skill yang wajib dikuasai frontend developer karena perlunya desain yang apik sesuai keinginan klien. HTML dan CSS saja belum cukup untuk membuat desain website yang sederhana. Tampilan yang interaktif, menarik, bahkan bisa menyalurkan branding perusahaan bisa dibuat dengan JavaScript. Bahasa ini akan mengatur tampilan efek animasi, motion, interaksi, dan layout.

3. Framework Frontend

Framework frontend paling populer adalah Bootstrap. Skill ini dibutuhkan agar frontend developer bisa melakukan coding dengan lebih cepat. Tool ini sangat berharga karena bisa mempermudah developer di tengah banyaknya sintaks CSS. 

4. Version Control System

Version Control System (VCS) di sini adalah Git yang merupakan aplikasi pengontrol. Git banyak digunakan para developer untuk membuat aplikasi dan sistem lainnya. Git bahkan jadi VCS terbesar di dunia. Memahami VCS Git akan menambah nilai Anda sebagai frontend developer.

5. Merancang Tampilan Responsif dan Mobile Design

Tugas frontend developer adalah membuat website atau aplikasi yang responsif. Skill ini perlu dan bahkan menjadi salah satu kunci bagi frontend developer. Website yang dibuat harus bisa diakses di semua perangkat, termasuk handphone. 

6. Paham Command Line

Skill command line sangat diperlukan karena tidak semua tools atau aplikasi yang dipakai frontend developer menggunakan tampilan atau GUI. Aplikasi yang menggunakan GUI memiliki fungsionalitas yang terbatas. Pengembang akhirnya tak bisa menggunakannya secara maksimal. Oleh karena itu, skill command line sangat penting untuk menjalankan tugas frontend developer.

7. Paham Browser Developer Tools

Dalam web browser, ada beberapa tool yang membantu menjaga sebuah website agar tidak bermasalah ketika diakses. Tool ini akan membantu frontend developer untuk melakukan pengecekan sampai tidak ada masalah pada sebuah website yang sedang dikembangkan. Oleh sebab itu, skill ini sangat penting untuk memastikan tampilan website tidak acak-acakan dan semua fungsinya berjalan dengan baik.

Demikian tugas frontend developer yang harus dijalankan agar sebuah website bisa berfungsi dengan baik, bahkan selaras dengan estetika dan nilai perusahaan. Memiliki website yang sempurna tentu akan membuat bisnis Anda menjadi lebih kuat dan mudah dicari pelanggan.

SOURCE    : https://toffeedev.com/blog/tugas-frontend-developer/

0 comments:

KEMENHUB MANFAATKAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI UNTUK MENINGKATKAN SISTEM LAYANAN KAPAL DAN BARAN

 KEMENHUB MANFAATKAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI UNTUK MENINGKATKAN SISTEM LAYANAN KAPAL DAN BARAN ​BALI (17/10) - Guna mewujudkan si...