Apa yang dimaksud dengan keamanan siber? Pendekatan keamanan siber yang sukses memiliki perlindungan berlapis yang tersebar di seluruh k...

Apa yang dimaksud dengan keamanan siber?

 


Apa yang dimaksud dengan keamanan siber?

Pendekatan keamanan siber yang sukses memiliki perlindungan berlapis yang tersebar di seluruh komputer, jaringan, program, atau data yang ingin dijaga keamanannya. Dalam sebuah organisasi, sumber daya manusia, proses, dan teknologi harus saling melengkapi untuk menciptakan pertahanan yang efektif dari serangan dunia maya. Sistem manajemen ancaman terpadu dapat mengotomatiskan integrasi di seluruh produk Cisco Security tertentu dan mempercepat fungsi operasi keamanan utama: deteksi, investigasi, dan remediasi.

Rakyat

Pengguna harus memahami dan mematuhi prinsip keamanan data dasar seperti memilih kata sandi yang kuat, waspada terhadap lampiran di email, dan membuat cadangan data. Pelajari lebih lanjut tentang prinsip-prinsip dasar keamanan siber dengan 10 Tips Siber Teratas ini .

Proses

Organisasi harus memiliki kerangka kerja mengenai cara mereka menangani serangan siber yang dicoba dan berhasil. Satu kerangka kerja yang dihormati dapat memandu Anda. Panduan ini menjelaskan bagaimana Anda dapat mengidentifikasi serangan, melindungi sistem, mendeteksi dan merespons ancaman, serta memulihkan serangan yang berhasil. Pelajari tentang kerangka keamanan siber NIST .

Teknologi

Teknologi sangat penting untuk memberikan organisasi dan individu alat keamanan komputer yang diperlukan untuk melindungi diri mereka dari serangan dunia maya. Tiga entitas utama harus dilindungi: perangkat titik akhir seperti komputer, perangkat pintar, dan router; jaringan; dan awan. Teknologi umum yang digunakan untuk melindungi entitas ini mencakup firewall generasi berikutnya, pemfilteran DNS, perlindungan malware, perangkat lunak antivirus, dan solusi keamanan email.

Mengapa keamanan siber penting?

Di dunia yang terhubung saat ini, semua orang mendapat manfaat dari program pertahanan siber yang canggih. Pada tingkat individu, serangan keamanan siber dapat mengakibatkan apa saja, mulai dari pencurian identitas, upaya pemerasan, hingga hilangnya data penting seperti foto keluarga. Semua orang bergantung pada infrastruktur penting seperti pembangkit listrik, rumah sakit, dan perusahaan jasa keuangan. Mengamankan organisasi-organisasi ini dan organisasi-organisasi lainnya sangatlah penting untuk menjaga agar masyarakat kita tetap berfungsi.

Setiap orang juga mendapat manfaat dari kerja para peneliti ancaman siber, seperti tim yang terdiri dari 250 peneliti ancaman di Talos, yang menyelidiki ancaman baru dan yang sedang berkembang serta strategi serangan siber. Mereka mengungkap kerentanan baru, mendidik masyarakat tentang pentingnya keamanan siber, dan memperkuat alat sumber terbuka. Pekerjaan mereka membuat Internet lebih aman bagi semua orang.

 

Jenis ancaman keamanan siber

Pengelabuan

Phishing adalah praktik pengiriman email palsu yang menyerupai email dari sumber terpercaya. Tujuannya adalah untuk mencuri data sensitif seperti nomor kartu kredit dan informasi login. Ini adalah jenis serangan cyber yang paling umum. Anda dapat membantu melindungi diri Anda melalui pendidikan atau solusi teknologi yang menyaring email berbahaya.

Solusi Email Aman | Uji coba gratis Email Aman


Rekayasa sosial

Rekayasa sosial adalah taktik yang digunakan musuh untuk mengelabui Anda agar mengungkapkan informasi sensitif. Mereka dapat meminta pembayaran tunai atau mendapatkan akses ke data rahasia Anda. Rekayasa sosial dapat digabungkan dengan ancaman apa pun yang tercantum di atas untuk membuat Anda lebih cenderung mengeklik tautan, mengunduh malware, atau memercayai sumber jahat.

Pelajari lebih lanjut tentang taktik rekayasa sosial


perangkat lunak tebusan

Ransomware adalah jenis perangkat lunak berbahaya. Ini dirancang untuk memeras uang dengan memblokir akses ke file atau sistem komputer sampai uang tebusan dibayarkan. Membayar uang tebusan tidak menjamin bahwa file akan dipulihkan atau sistem akan dipulihkan.

Hentikan ransomware di jalurnya | Solusi Pertahanan Ransomware


perangkat lunak perusak

Malware adalah jenis perangkat lunak yang dirancang untuk mendapatkan akses tidak sah atau menyebabkan kerusakan pada komputer. 

Pelajari lebih lanjut tentang perlindungan malware | Titik Akhir Aman | Uji coba gratis Endpoint yang aman

 

SOURCE    : https://www.cisco.com/c/en/us/products/security/what-is-cybersecurity.html

0 comments:

KEMENHUB MANFAATKAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI UNTUK MENINGKATKAN SISTEM LAYANAN KAPAL DAN BARAN

 KEMENHUB MANFAATKAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI UNTUK MENINGKATKAN SISTEM LAYANAN KAPAL DAN BARAN ​BALI (17/10) - Guna mewujudkan si...