Apa itu Keamanan Siber?   Keamanan siber adalah praktik melindungi komputer, server, perangkat seluler, sistem elektronik, jaringan, dan d...

Apa itu Keamanan Siber?

Apa itu Keamanan Siber? 

Keamanan siber adalah praktik melindungi komputer, server, perangkat seluler, sistem elektronik, jaringan, dan data dari serangan jahat. Ini juga dikenal sebagai keamanan teknologi informasi atau keamanan informasi elektronik. Istilah ini berlaku dalam berbagai konteks, mulai dari bisnis hingga komputasi seluler, dan dapat dibagi menjadi beberapa kategori umum.

·          Keamanan jaringan adalah praktik mengamankan jaringan komputer dari penyusup, baik penyerang yang ditargetkan atau malware oportunistik.

·          Keamanan aplikasi berfokus pada menjaga perangkat lunak dan perangkat bebas dari ancaman. Aplikasi yang disusupi dapat memberikan akses ke data yang dirancang untuk dilindungi. Keamanan yang sukses dimulai pada tahap desain, jauh sebelum program atau perangkat disebarkan.

·          Keamanan informasi melindungi integritas dan privasi data, baik dalam penyimpanan maupun dalam perjalanan.

·          Keamanan operasional mencakup proses dan keputusan untuk menangani dan melindungi aset data. Izin yang dimiliki pengguna saat mengakses jaringan dan prosedur yang menentukan bagaimana dan di mana data dapat disimpan atau dibagikan, semuanya berada di bawah payung ini.

·          Pemulihan bencana dan kelangsungan bisnis menentukan cara organisasi merespons insiden keamanan siber atau peristiwa lain yang menyebabkan hilangnya operasi atau data. Kebijakan pemulihan bencana menentukan bagaimana organisasi memulihkan operasi dan informasinya agar kembali ke kapasitas operasi yang sama seperti sebelum kejadian. Kesinambungan bisnis adalah rencana yang digunakan organisasi ketika mencoba beroperasi tanpa sumber daya tertentu.

·          Edukasi pengguna akhir membahas faktor keamanan siber yang paling tidak dapat diprediksi: manusia. Siapa pun dapat secara tidak sengaja memasukkan virus ke sistem yang aman jika tidak mengikuti praktik keamanan yang baik. Mengajarkan pengguna untuk menghapus lampiran email yang mencurigakan, tidak mencolokkan drive USB yang tidak dikenal, dan berbagai pelajaran penting lainnya sangat penting untuk keamanan organisasi mana pun.

 

Skala ancaman dunia maya

Ancaman dunia maya global terus berkembang dengan pesat, dengan meningkatnya jumlah pelanggaran data setiap tahunnya. Sebuah laporan oleh RiskBased Security mengungkapkan bahwa 7,9 miliar catatan telah terungkap akibat pelanggaran data dalam sembilan bulan pertama tahun 2019 saja. Angka ini lebih dari dua kali lipat (112%) jumlah catatan yang terekspos pada periode yang sama tahun 2018.

Layanan medis, pengecer, dan entitas publik mengalami pelanggaran paling banyak, dengan penjahat jahat bertanggung jawab atas sebagian besar insiden. Beberapa sektor ini lebih menarik bagi penjahat dunia maya karena mereka mengumpulkan data keuangan dan medis, namun semua bisnis yang menggunakan jaringan dapat menjadi sasaran data pelanggan, spionase perusahaan, atau serangan pelanggan.

Dengan skala ancaman siber yang terus meningkat, pengeluaran global untuk solusi keamanan siber pun meningkat secara alami. Gartner memperkirakan pengeluaran keamanan siber akan mencapai $188,3 miliar pada tahun 2023 dan melampaui $260 miliar secara global pada tahun 2026. Pemerintah di seluruh dunia telah merespons meningkatnya ancaman siber dengan panduan untuk membantu organisasi menerapkan praktik keamanan siber yang efektif.

Di AS, Institut Standar dan Teknologi Nasional (NIST) telah menciptakan kerangka keamanan siber . Untuk memerangi penyebaran kode berbahaya dan membantu deteksi dini, kerangka kerja ini merekomendasikan pemantauan terus menerus dan real-time terhadap semua sumber daya elektronik.

Pentingnya pemantauan sistem tercermin dalam “ 10 langkah menuju keamanan siber ”, panduan yang diberikan oleh Pusat Keamanan Siber Nasional pemerintah Inggris. Di Australia, Australian Cyber ​​Security Centre (ACSC) secara rutin menerbitkan panduan tentang bagaimana organisasi dapat melawan ancaman keamanan siber terkini. 

Lihat video ini tentang keamanan siber serta jenis ancaman dan serangan siber:

Jenis ancaman dunia maya

Ancaman yang dihadapi oleh keamanan siber ada tiga:

1. Kejahatan dunia maya mencakup aktor atau kelompok tunggal yang menargetkan sistem untuk mendapatkan keuntungan finansial atau menyebabkan gangguan.

2. Serangan dunia maya sering kali melibatkan pengumpulan informasi bermotif politik.

3. Cyberterrorism dimaksudkan untuk melemahkan sistem elektronik sehingga menimbulkan kepanikan atau ketakutan.

Jadi, bagaimana pelaku jahat mendapatkan kendali atas sistem komputer? Berikut beberapa metode umum yang digunakan untuk mengancam keamanan siber:

perangkat lunak perusak

Malware berarti perangkat lunak berbahaya. Salah satu ancaman dunia maya yang paling umum, malware adalah perangkat lunak yang dibuat oleh penjahat dunia maya atau peretas untuk mengganggu atau merusak komputer pengguna yang sah. Seringkali menyebar melalui lampiran email yang tidak diminta atau unduhan yang tampak sah, malware dapat digunakan oleh penjahat dunia maya untuk menghasilkan uang atau dalam serangan dunia maya yang bermotif politik.

Ada beberapa jenis malware yang berbeda, termasuk:

·         Virus: Program yang dapat mereplikasi dirinya sendiri untuk membersihkan file dan menyebar ke seluruh sistem komputer, menginfeksi file dengan kode berbahaya.

·         Trojan :  Suatu jenis malware yang menyamar sebagai perangkat lunak yang sah. Penjahat dunia maya menipu pengguna agar mengunggah Trojan ke komputer mereka sehingga menyebabkan kerusakan atau mengumpulkan data.

·         Spyware: Sebuah program yang diam-diam mencatat apa yang dilakukan pengguna, sehingga penjahat dunia maya dapat memanfaatkan informasi ini. Misalnya, spyware dapat menangkap rincian kartu kredit.

·         Ransomware: Malware yang mengunci file dan data pengguna, dengan ancaman menghapusnya kecuali uang tebusan dibayarkan.

·         Adware: Perangkat lunak periklanan yang dapat digunakan untuk menyebarkan malware.

·         Botnet: Jaringan komputer yang terinfeksi malware yang digunakan penjahat dunia maya untuk melakukan tugas online tanpa izin pengguna.

injeksi SQL

Injeksi SQL (kueri bahasa terstruktur) adalah jenis serangan cyber yang digunakan untuk mengambil kendali dan mencuri data dari database. Penjahat dunia maya mengeksploitasi kerentanan dalam aplikasi berbasis data untuk memasukkan kode berbahaya ke dalam database melalui pernyataan SQL yang berbahaya. Ini memberi mereka akses ke informasi sensitif yang terdapat dalam database.

Pengelabuan

Phishing adalah ketika penjahat dunia maya menargetkan korbannya dengan email yang tampaknya berasal dari perusahaan sah yang meminta informasi sensitif. Serangan phishing sering kali digunakan untuk menipu orang agar menyerahkan data kartu kredit dan informasi pribadi lainnya.

Serangan man-in-the-middle

Serangan man-in-the-middle adalah jenis ancaman dunia maya di mana penjahat dunia maya menyadap komunikasi antara dua individu untuk mencuri data. Misalnya, pada jaringan WiFi yang tidak aman, penyerang dapat mencegat data yang dikirimkan dari perangkat dan jaringan korban.

Serangan penolakan layanan

Serangan penolakan layanan adalah ketika penjahat dunia maya mencegah sistem komputer memenuhi permintaan yang sah dengan membanjiri jaringan dan server dengan lalu lintas. Hal ini membuat sistem tidak dapat digunakan, menghalangi organisasi menjalankan fungsi-fungsi penting.

Ancaman dunia maya terbaru

Apa saja ancaman siber terbaru yang perlu diwaspadai oleh individu dan organisasi? Berikut adalah beberapa ancaman dunia maya terbaru yang dilaporkan oleh pemerintah Inggris, AS, dan Australia.

Perangkat lunak perusak Dridex

Pada bulan Desember 2019, Departemen Kehakiman AS (DoJ) mendakwa pemimpin kelompok penjahat dunia maya terorganisir karena terlibat dalam serangan malware Dridex global . Kampanye jahat ini berdampak pada masyarakat, pemerintah, infrastruktur, dan bisnis di seluruh dunia.

Dridex adalah trojan keuangan dengan berbagai kemampuan. Menular pada korbannya sejak tahun 2014, virus ini menginfeksi komputer melalui email phishing atau malware yang ada. Mampu mencuri password, rincian perbankan dan data pribadi yang dapat digunakan dalam transaksi penipuan, telah menyebabkan kerugian finansial yang sangat besar hingga ratusan juta.

Menanggapi serangan Dridex, Pusat Keamanan Siber Nasional Inggris menyarankan masyarakat untuk “memastikan perangkat telah di-patch, anti-virus diaktifkan dan diperbarui, serta file dicadangkan”.

Penipuan romantis

Pada bulan Februari 2020, FBI memperingatkan warga AS untuk mewaspadai penipuan kepercayaan yang dilakukan penjahat dunia maya menggunakan situs kencan, ruang obrolan, dan aplikasi. Pelaku memanfaatkan orang-orang yang mencari pasangan baru, menipu korban agar memberikan data pribadi.

FBI melaporkan bahwa ancaman dunia maya percintaan berdampak pada 114 korban di New Mexico pada tahun 2019, dengan kerugian finansial sebesar $1,6 juta.

Malware emote

Pada akhir tahun 2019, Pusat Keamanan Siber Australia memperingatkan organisasi-organisasi nasional tentang meluasnya ancaman siber global yang berasal dari malware Emotet.

Emotet merupakan trojan canggih yang dapat mencuri data dan juga memuat malware lainnya. Emotet berkembang dengan kata sandi sederhana: pengingat akan pentingnya membuat kata sandi yang aman untuk melindungi dari ancaman dunia maya.

Perlindungan pengguna akhir

Perlindungan pengguna akhir atau keamanan titik akhir merupakan aspek penting dalam keamanan siber. Lagi pula, sering kali individu (pengguna akhir) yang secara tidak sengaja mengunggah malware atau bentuk ancaman dunia maya lainnya ke desktop, laptop, atau perangkat seluler mereka.

Jadi, bagaimana langkah-langkah keamanan siber melindungi pengguna dan sistem akhir? Pertama, keamanan siber bergantung pada protokol kriptografi untuk mengenkripsi email, file, dan data penting lainnya. Hal ini tidak hanya melindungi informasi dalam perjalanan, tetapi juga melindungi dari kehilangan atau pencurian.

Selain itu, perangkat lunak keamanan pengguna akhir memindai komputer untuk mencari potongan kode berbahaya, mengkarantina kode ini, dan kemudian menghapusnya dari mesin. Program keamanan bahkan dapat mendeteksi dan menghapus kode berbahaya yang tersembunyi di catatan boot utama dan dirancang untuk mengenkripsi atau menghapus data dari hard drive komputer.

Protokol keamanan elektronik juga fokus pada deteksi malware secara real-time . Banyak yang menggunakan analisis heuristik dan perilaku untuk memantau perilaku program dan kodenya untuk bertahan melawan virus atau Trojan yang berubah bentuk setiap kali dieksekusi (malware polimorfik dan metamorfik). Program keamanan dapat membatasi program yang berpotensi berbahaya ke dalam gelembung virtual yang terpisah dari jaringan pengguna untuk menganalisis perilakunya dan mempelajari cara mendeteksi infeksi baru dengan lebih baik.

Program keamanan terus mengembangkan pertahanan baru seiring para profesional keamanan siber mengidentifikasi ancaman baru dan cara baru untuk memeranginya. Untuk memanfaatkan perangkat lunak keamanan pengguna akhir secara maksimal, karyawan perlu dididik tentang cara menggunakannya. Yang terpenting, menjaganya tetap berjalan dan memperbaruinya secara rutin akan memastikan bahwa aplikasi ini dapat melindungi pengguna dari ancaman dunia maya terbaru.

Kiat keamanan siber - lindungi diri Anda dari serangan siber

 Bagaimana cara dunia usaha dan individu menjaga diri dari ancaman dunia maya? Berikut adalah tips keamanan siber terbaik kami:

1.       Perbarui perangkat lunak dan sistem operasi Anda: Ini berarti Anda mendapatkan manfaat dari patch keamanan terbaru.

2.       Gunakan perangkat lunak anti-virus: Solusi keamanan seperti Kaspersky Total Security akan mendeteksi dan menghilangkan ancaman. Selalu perbarui perangkat lunak Anda untuk tingkat perlindungan terbaik.

3.       Gunakan kata sandi yang kuat: Pastikan kata sandi Anda tidak mudah ditebak.

4.       Jangan buka lampiran email dari pengirim yang tidak dikenal: Ini mungkin terinfeksi malware.

5.       Jangan mengklik tautan dalam email dari pengirim yang tidak dikenal atau situs web yang tidak dikenal: Ini adalah cara umum penyebaran malware.

6.       Hindari penggunaan jaringan WiFi yang tidak aman di tempat umum: Jaringan yang tidak aman membuat Anda rentan terhadap serangan man-in-the-middle.

Kaspersky Endpoint Security menerima tiga  penghargaan AV-TEST untuk kinerja, perlindungan, dan kegunaan terbaik untuk produk keamanan endpoint korporat pada tahun 2021 . Dalam semua pengujian, Kaspersky Endpoint Security menunjukkan kinerja, perlindungan, dan kegunaan yang luar biasa untuk bisnis.

 

 SOURCE    : https://www.kaspersky.com/resource-center/definitions/what-is-cyber-security


0 comments:

KEMENHUB MANFAATKAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI UNTUK MENINGKATKAN SISTEM LAYANAN KAPAL DAN BARAN

 KEMENHUB MANFAATKAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI UNTUK MENINGKATKAN SISTEM LAYANAN KAPAL DAN BARAN ​BALI (17/10) - Guna mewujudkan si...