Alasan Mengapa Penggunaan Teknologi Informasi Sangat Penting dalam Bidang Pendidikan Masa Kini Adanya modernisasi yang ada seperti sekarang...

Alasan Mengapa Penggunaan Teknologi Informasi Sangat Penting dalam Bidang Pendidikan Masa Kini

 Alasan Mengapa Penggunaan Teknologi Informasi Sangat Penting dalam Bidang Pendidikan Masa Kini



Adanya modernisasi yang ada seperti sekarang ini, menjadikan dunia pendidikan dituntut untuk bisa berkembang dan beradaptasi dengan kemajuan. Dalam hal ini, pendidikan penting untuk menerapkan yang namanya teknologi informasi (IT). Terlepas dari hal tersebut, tahukah Anda apa sebenarnya alasan pentingnya penggunaan IT di bidang pendidikan masa kini? Jika Anda mungkin penasaran dan ingin tahu informasi lebih lanjut, maka bisa simak ulasan lengkapnya di artikel berikut.

Dapat menyediakan media pembelajaran yang bervariasi

Jika dulunya kegiatan belajar mengajar (KBM) dalam praktik pembelajaran konvensional hanya mengandalkan buku bacaan maupun media seperti lembar kerja maupun lembar fotokopi, maka hal ini jelas berbeda jika menggunakan sistem IT. Yang mana, proses kegiatan belajar mengajar jauh lebih canggih. Yakni dengan menggunakan media audio dan video yang ditampilkan lewat perangkat komputer, layar LCD, tablet maupun smartphone. Dengan menerapkan kegiatan belajar mengajar yang demikian, tentu saja akan memberikan pengalaman belajar yang lebih nyata hingga dapat memberikan pemahaman lebih bagi siswa, bukan?

Memudahkan dalam mengakses materi 

Kehadiran IT seperti sekarang ini sangt memberikan akses kemudahan bagi siswa dalam mengakses semua materi pelajaran tanpa batas. Apalagi dengan adanya dukungan internet tanpa batas, maka menjadikan siswa bisa menggali materi dari berbagai sumber. Yang menariknya lagi, para pengajar juga tidak hanya berpegangan pada materi dari buku terbitan lama, namun juga bisa menyajikan data dan informasi baru sehingga akan tercipta adanya perkembangan ilmu pengetahuan yang semakin modern di masa seperti sekarang ini.

Penerapan teknologi informasi menjadikan materi pembelajaran lebih menarik

Alasan lain kenapa pendidikan perlu adanya sistem IT yakni lantaran dapat menjadikan materi pembelajaran lebih menarik. Terlebih jika melihat siswa yang mungkin sekarang ini terlalu jenuh dengan materi yang terlalu teoritis sehingga sulit untuk mendapatkan pemahaman belajar yang baik. Oleh karena itu, dengan adanya penerapan IT pada bidang pendidikan ini, maka pengajar bisa menyajikan materi – materi yang pastinya lebih menarik dan tidak monoton. Seperti misalnya dengan menggunakan audio dan video berisi materi pembelajaran hingga software e-learning.

Aktivitas belajar lebih fleksibel

Mungkin sudah banyak yang mengklaim, bahwa penggunaan IT dalam dunia pendidikan dengan memanfaatkan perangkat komputer ataupun smartphone serta dukungan internet akan menjadikan aktivitas belajar yang berlangsung bisa lebih fleksibel. Ya, hal ini memang benar adanya lantaran baik bagi pendidik maupun peserta didik nantinya bisa melaksanakan kegiatan belajar mengajar secara online dan real time dimana saja dan kapan saja. Tentu saja, ini akan memberikan akses kemudahan dalam mendukung proses belajar mengajar nantinya, bukan?

Dapat meningkatkan minat belajar

Seperti yang kita ketahui, bahwa rata – rata siswa sekarang cenderung cepat bosan dan bahkan merasa jenuh jika dihadapkan dengan pemberian materi pembelajaran hanya dari buku panduan saja. Jika hal ini terus menerus dibiarkan, maka bisa saja menyebabkan minat belajar siswa menjadi menurun. Oleh karena itu sebagai solusinya, disini diperlukan adanya penerapan sistem IT yang bervariasi untuk menjadi modal penting dalam menunjang minat belajar para peserta didik. Cukup dengan menerapkan kegiatan belajar yang menyenangkan, maka mereka akan jauh lebih menikmati proses pembelajaran yang berlangsung.

Dari informasi penting di atas, Anda tentu bisa menyimpulkan sendiri bagaimana dampak positif penerapan teknologi informasi dalam bidang pendidikan masa kini, bukan? Dengan adanya penerapan IT tersebut, maka hal ini secara tidak langsung akan dapat membantu perkembangan dunia pendidikan agar lebih maju ke depannya nanti.

SOURCE    : https://www.uc.ac.id/alasan-mengapa-penggunaan-teknologi-informasi-sangat-penting-dalam-bidang-pendidikan-masa-kini/

0 comments:

KEMENHUB MANFAATKAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI UNTUK MENINGKATKAN SISTEM LAYANAN KAPAL DAN BARAN

 KEMENHUB MANFAATKAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI UNTUK MENINGKATKAN SISTEM LAYANAN KAPAL DAN BARAN ​BALI (17/10) - Guna mewujudkan si...