Surabaya, Mei 2023 –  Tertarik untuk belajar software engineering? Ketahui dulu 5 alasan mengapa software engineering adalah jurusan yang ...

5 Alasan Jurusan Software Engineering Memiliki Prospek Karir yang Tinggi

 Surabaya, Mei 2023 – Tertarik untuk belajar software engineering? Ketahui dulu 5 alasan mengapa software engineering adalah jurusan yang menjanjikan di masa depan. Berkembangnya dunia teknologi dan informasi membuka kesempatan yang luas bagi lulusan jurusan software engineering untuk bekerja. Tawaran-tawaran dari perusahaan besar seperti Google, Netflix, hingga Shopee sangat rajin membuka lowongan kerja bagi software engineering.

Jurusan Software Engineering Belajar Apa?

Jurusan software engineering akan mempelajari banyak hal tentang pengembangan perangkat lunak (software) dengan menggunakan metodologi yang sistematis. Mahasiswa jurusan ini akan mempelajari banyak hal tentang konsep dasar, teknologi, dan metodologi untuk mengembangkan perangkat lunak yang berkualitas tinggi. Salah satu produk yang dikeluarkan dari jurusan ini antara lain seperti website, aplikasi mobile, hingga teknologi Artificial Intelligence (AI) yang sedang ramai diperbincangkan saat ini.

5 Alasan Jurusan Software Engineering Memiliki Prospek Karir yang Tinggi

Setidaknya ada 5 alasan mengapa software engineering adalah jurusan yang menjanjikan di masa depan.

1. Permintaan yang Tinggi

Seperti yang telah dibahas sebelumnya, banyak perusahaan besar yang membuka lowongan karir sebagai software engineering. Bukan tanpa alasan, dunia yang telah terintegrasi dengan internet dan teknologi meningkatkan permintaan lulusan dari jurusan rekayasa perangkat lunak semakin tinggi. Perusahaan yang tergantung dengan teknologi dan software pada akhirnya mau tidak mau harus memiliki tenaga ahli yang dapat memberikan keuntungan bisnis bagi mereka.

2. Besaran Gaji yang Fantastis

Menurut data yang dilansir dari Glassdoor, rata-rata gaji seorang ahli perangkat lunak adalah salah satu yang tertinggi di Amerika Serikat. Seorang tenaga ahli perangkat lunak diberi gaji sekitar 90.000-120.000 USD setiap tahunnya. Sedangkan di Indonesia sendiri, rata-rata gaji seorang ahli perangkat lunak berada di kisaran Rp7,9 juta hingga Rp10,5 juta per bulan. Walaupun demikian, reputasi dan lokasi perusahaan, dan pengalaman kerja dapat mempengaruhi gaji yang diberikan kepada seorang tenaga ahli software engineering.

3. Perkembangan Teknologi dan Informasi

Dalam beberapa tahun terakhir, dunia teknologi berkembang dengan sangat cepat. Teknologi seperti AI, Machine Learning, hingga Big Data semakin banyak diperlukan untuk perjalanan bisnis sebuah perusahaan. Dengan alasan tersebut, prospek karir dari jurusan ini semakin terbuka luas di masa depan.

4. Fleksibilitas Karir

Selain itu, mahasiswa lulusan jurusan software engineering tidak hanya terpaku untuk bekerja di perusahaan atau menjadi orang kantoran. Dengan banyaknya website freelancer seperti Fiver, Fastworld, dan lainya, anda bisa bekerja sendiri tanpa terikat dengan kontrak. Bahkan, tidak menutup kemungkinan jika anda dapat menerima pesanan pekerjaan sebelum lulus dari perkuliahan.

5. Prospek Bisnis Software Engineering yang Luas

Perusahaan besar teknologi biasanya memiliki tim yang berisi sejumlah orang tenaga ahli rekayasa perangkat lunak di dalamnya. Bukan hanya berasal dari satu daerah, melainkan terdiri dari berbagai macam orang dengan latar belakang negara yang berbeda-beda. Dengan demikian, seorang ahli rekayasa perangkat lunak dapat memiliki relasi bisnis yang luas hingga ke luar negeri. Selain itu, tawaran-tawaran kerja di website freelance internasional seperti Fiverr membuka kesempatan lowongan untuk bekerja sama dengan perusahaan di luar negeri. Itulah 5 alasan mengapa jurusan software engineering adalah jurusan yang menjanjikan di masa depan.


SOURCE    : https://ittelkom-sby.ac.id/5-alasan-mengapa-software-engineering-adalah-jurusan-yang-menjanjikan-di-masa-depan/

0 comments:

KEMENHUB MANFAATKAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI UNTUK MENINGKATKAN SISTEM LAYANAN KAPAL DAN BARAN

 KEMENHUB MANFAATKAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI UNTUK MENINGKATKAN SISTEM LAYANAN KAPAL DAN BARAN ​BALI (17/10) - Guna mewujudkan si...