#DigitalBisa #UntukIndonesiaLebihBaik 

Teknologi selalu berkembang dari waktu ke waktu dan mempengaruhi aspek kehidupan manusia. Tentunya, inovasi teknologi diharapkan mampu membawa kehidupan manusia menjadi lebih mudah dan lebih baik lagi. Pemanfaatan teknologi mampu membantu manusia untuk lebih efisien dan efektif dalam aktifitas pekerjaannya.

Kemajuan teknologi mau tidak mau membuat manusia berubah, contohnya penggunaan ponsel sudah banyak merubah manusia dalam setiap aspek kehidupan. Di era digital, inovasi-inovasi terus dilakukan dan membawa dampak perubahan pada dunia.

Isu tentang pekerjaan manusia yang akan tergantikan dengan teknologi bukanlah isapan jempol belaka. Pengurangan pekerja di beberapa sektor industri sudah mulai terasa dan diprediksi akan semakin banyak terjadi.

Inovasi-Inovasi Teknologi Pengubah Wajah Dunia

Ada beberapa inovasi teknologi yang diprediksi di masa depan akan benar-benar mampu mengubah wajah dunia dan bisa menciptakan peluang pekerjaan baru. Berikut beberapa inovasi digital teknologi yang akan tren di masa datang dan diprediksi mampu mengubah dunia 

Artifisial Teknologi

Istilah Artifisial Teknologi atau AI, terus menjadi tren teknologi yang paling menarik perhatian. Kecerdasan buatan akhir-akhir ini secara langsung mempengaruhi pekerjaan yang kita lakukan dan cara hidup kita.

Meskipun masih dalam tahap awal dan akan terus berkembang, termasuk Machine Learning, digembar-gemborkan sebagai teknologi yang akan mengubah kehidupan manusia selamanya.

Kecerdasan Buatan adalah sistem komputer yang dibangun untuk meniru kecerdasan manusia dan melakukan tugas-tugas seperti mengenali gambar, ucapan dan pola dan juga pengambilan keputusan. AI menawarkan kelebihan untuk melakukan tugas-tugas yang lebih cepat daripada manusia.

Bahkan penelitian tahun 2018, setiap lima dari enam orang di Amerika menggunakan AI setiap hari dalam berbagai bentuk seperti aplikasi navigasi, perangkat streaming, asisten pribadi ponsel cerdas, aplikasi berbagi perjalanan, asisten pribadi di rumah dan perangkat rumah pintar. Kegunaan lain dari AI termasuk menjadwalkan kereta, menilai risiko bisnis, memprediksi pemeliharaan, meningkatkan efisiensi energi, dll.

Namun, adanya Kecerdasan buatan ini juga memiliki hal buruk, yaitu mulai digantikannya peran manusia dalam melakukan pekerjaan bisa berdampak pada pengurangan jumlah pekerja di seluruh dunia. Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa AI akan menghilangkan 73 juta pekerjaan pada tahun 2030 di Amerika. Ini jelas sesuatu yang harus diantisipasi termasuk di Indonesia.

RPA (Robotic Process Automation)

Robotic Process Automation atau  biasa dikenal dengan RPA adalah rekayasa perangkat lunak dengan sistem digital untuk melakukan tugas-tugas yang berulang dan sederhana serta proses bisnis yang biasanya dilakukan oleh manusia. 

 Dalam konteks ini, dia tidak muncul sebagai robot yang duduk di depan komputer seperti manusia yang bekerja. RPA adalah perangkat lunak yang dapat meniru aktivitas manusia dalam sistem digital dengan kecepatan dan akurasi hingga 100%. 

 RPA adalah  perangkat lunak yang  menyelesaikan pekerjaan  pada sistem digital (komputer dan perangkat seluler) yang sering meniru klik mouse dan penekanan tombol untuk menyelesaikan alur kerja. 

 Teknologi RPA dapat ditemukan dalam aktivitas sehari-hari, seperti  layanan kesehatan yang digunakan untuk mengelola riwayat kesehatan pasien, pencatatan, penagihan, dan pelaporan. 

 Dalam layanan keuangan, penggunaan RPA yang paling umum terlihat adalah penggunaan mobile banking dan e-banking, serta manajemen rekening luar negeri. 

 Kemudian dalam manajemen rantai pasokan, penggunaan RPA digunakan untuk mengotomatisasi pemrosesan dan penagihan pesanan, melacak tingkat persediaan, dan melacak pengiriman. Untuk pembelian online, kita bisa mengetahui history barang yang dibeli secara real time.

Secara keseluruhan, RPA memungkinkan untuk mengotomatisasi hingga 45 persen dari total tugas pekerjaan. Namun sisi lain dari adanya RPA seperti halnya inovasi teknologi yang lain, sebuah penelitian telah mengungkapkan bahwa RPA mengancam hampir 230 juta pekerjaan, yang hampir 9 persen dari tenaga kerja global. 

Tapi keberadaan RPA juga telah membantu dan membuka peluang pekerjaan termasuk sebagai developer software, manajer proyek, analis bisnis, arsitek, konsultan, dan lain-lain.

Saat ini mulai banyak kursus maupun pelatihan tentang RPA ini karena terbukti sangat membantu dalam memudahkan pekerjaan terutama dalam pengembangan bisnis. 

VR dan AR

Virtual Reality dan Augmented Reality adalah tren teknologi lain yang siap merubah bisnis dan kehidupan manusia.

Penggunaan VR dan AR bertujuan untuk memberikan pengalaman yang lebih nyata kepada pemakainya terhadap suatu obyek meskipun sebenarnya obyek tersebut tidak ada di hadapannya.

VR sejauh ini hanya dicoba di sektor game dan sampai batas tertentu juga telah digunakan dalam beberapa pelatihan, contohnya adalah VirtualShip, software simulasi yang digunakan untuk tentara, angkatan laut, dan penjaga pantai Amerika Serikat. Sedang pemakaian dalam game sudah dicoba dalam Pokémon Go.

Baik AR maupun VR menawarkan potensi besar dalam hal pelatihan, hiburan, pemasaran produk, dan pendidikan. Keduanya mampu digunakan untuk melatih dokter untuk melakukan operasi, memberi pengunjung museum untuk mendapatkan pengalaman yang lebih dalam, mendapatkan pengalaman taman hiburan yang lebih nyata dan melakukan pemasaran produk yang lebih baik.

Blockchain

Inovasi teknologi blockchain diprediksi mampu mengubah kehidupan manusia di masa depan | Sumber: Canva

 

Teknologi Blockchain sebagian besar terkait dengan cryptocurrency seperti Bitcoin, tetapi sebenarnya ada lebih banyak teknologi selain untuk mata uang digital.

Faktor utama tentang blockchain sangat diminati adalah karena teknologi ini diklaim sangat aman. Di samping itu, blockchain didorong oleh konsensus, artinya tidak ada satu entitas yang mengendalikan seluruh data. Di Blockchain, tidak perlu pihak ketiga untuk mengawasi atau memvalidasi transaksi.

Seperti yang  disebutkan sebelumnya, ada banyak peluang untuk dapat memanfaatkan teknologi blockchain ini  di luar industri kripto. Memang, bidang utama yang bisa mendapatkan keuntungan dari teknologi ini adalah sektor keuangan. 

Di bidang keuangan, teknologi ini diibaratkan sebagai buku kas digital yang dapat dengan mudah diakses oleh siapa saja, kapan saja, di mana saja  tanpa perlu persetujuan para pihak atau lembaga keuangan umum, seperti bank. 

Pada dasarnya, teknologi ini membuat semua transaksi  menjadi lebih transparan dan aman. Sehingga dapat meminimalisir adanya penyelewengan data seperti suap dan korupsi.

Demikian beberapa inovasi di dunia teknologi saat ini yang diprediksi mampu mempengaruhi kehidupan masyarakat di masa depan. Inovasi teknologi jika bisa dimanfaatkan sebaik-baiknya akan membawa kebaikan untuk semua, namun jika disalahgunakan bisa membawa dampak negatif bagi pengguna dan oang lain di sekitarnya.


SOURCE    : https://digitalbisa.id/artikel/4-inovasi-teknologi-yang-akan-mengubah-kehidupan-dunia-di-era-digital-rBqDR